Neurological Level Teknik Sistemik untuk Memahami Manusia

Saya membaca hal menarik tadi, membuat saya melakukan sedikit pencarian data yang setelah saya pelajari, Hal ini sebenarnya sudah saya ketahui, namun kali ini dibahas dalam sistem sistematis yang lebih mudah dipelajari. Ya sistem ini bernama NeuroLogical Level. Beginilah pembabarannya :


  • Environment. Informasi tambahan mengenai lingkungan apa yang saya butuhkan?
  • Behavior. Saya punya informasi yang cukup, tapi bagaimana saya bisa menggunakannya?
  • Capability. Saya tahu apa yang harus saya lakukan, tapi bagaimana agar saya bisa menggunakannya dengan baik secara konsisten?
  • Belief/Values. Saya bisa melakukannya, tapi maukah saya melakukannya? Apakah bagi saya itu penting?
  • Identity. Apakah hal itu bermakna bagi saya? Sesuaikah dengan identitas yang saya miliki?
  • Spiritual. Apakah hal itu sesuai dengan keyakinan saya yang paling dalam? Dengan agama yang saya anut? Dengan misi/tujuan saya hidup di dunia?



Neurological Level Dikembangkan pertama kali oleh Robert Dilts, teknik ini menjadi salah satu teknik yang mengutamakan pendekatan sistemik untuk memahami manusia. System ini berguna untuk memahami seorang dari segi level dan dapat menjadi dasar untuk mempengaruhi atau merubah seseorang. Sehingga setelah kita mengetahui pada level mana orang itu berada kita dapat merubahnya sesuai dengan levelnya (tentunya merubah ke arah yang lebih baik )
Neuro logical level ini dibagi menjadi enam level, semakin keatas semakin kompleks  berpikirnya, semakin memiliki konsisten yang kuat, dan semakin kuat pengaruhnya kepada level-level dibawahnya.
  1. Spiritual
  2. Identitas
  3. Keyakinan nilai-nilai
  4. Kapabilitas
  5. perilaku
  6. lingkingan
 

Penjelasannya akan menjadi seperti ini :

level lingkungan
Di level ini, kita bisa katakan bahwa kondisi tempat tinggal, baik secara fisik maupun batin. Lingkungan sosial dari masa kecil sampai dewasa sangat berperan penting dalam pembentukan diri seseorang. Pada tahap ini, semua yang dilakukan masih bersifat reaksi dari lingkungan sosial sekitar anda

Karakter orang pada level ini: Labil dan butuh bimbingan, untuk ke arah lebih baik sangat membutuhkan orang lain

Level perilaku
Perilaku atau karakter adalah bentukan dasar dari lingkungan, dimana sifat dasar manusia diakumulasikan dengan hasil lingkungan fisik dan lingkungan sosialnya. Pada umumnya orang mencapai tahap ini ketika dia usia Remaja SMP, dimana mulai membutuhkan bimbingan secara psikologis baik dari Guru Maupun Orang tua.

Karakter orang pada level ini: Karakter yang sedang berkembang untuk menuju tahap kedewasaan pikiran

Level kapabilitas
Disini adalah titik awal kemandirian, dimana bukan hanya perilaku anda namun juga kemampuan yang anda miliki.Level ini juga menjadi titik dimana orang mengenal hal-hal yang dapat dilakukannya sendiri, mendalami bakat serta kemampuannya. Menjadi Skillful Person.

Karakter pada orang ini: Mandiri dan mulai memiliki kemampuan yang dapat diandalkan.

Level keyakinan nilai-nilai
Seseorang di level ini, dia telah mencapai titik dimana bukan hanya pengetahuan logika, namun juga pengetahuan etika. Ini dibentuknya pola hidup, gaya hidup, serta gaya bahasa dan lainnya yang akan sangat sulit diubah, karena proses terbentuknya seseorang sampai ke titik ini sangat panjang.

Karakter orang level ini: Berwawasan, Tenang, Telah mencapai Kedewasaan batin

Level identitas
Pada tahap ini, anda telah lengkap. Memiliki kekayaan wawasan, pengetahuan dan etika. Kebanyakan mencapai tahap ini tentu telah sukses secara material. Yang pasti ketika orang mencapai tahap ini, dia telah memiliki peran penting atau membantu orang-orang lain disekitarnya yang masih berada pada level dibawahnya.

Karakter orang level ini: Bisa dibilang orang-orang sukses dengan kehidupan yang sangat lengkap.

Level spiritual
Tingkat terakhir ini, sangat sedikit yang mencapainya. Karena harus melewati 5 tahapan sebelumnya yang sangat sulit. Yang mencapai tahapan ini adalah mereka yang mencari arti hidup, mencari kebahagiaan, mencari kekayaan batin. Karena mereka merasa telah memiliki segala hal yang mereka butuhkan. Tinggal kebahagiaan sejati yang mereka cari. Orang mencapai tingkat ini akan memiliki Wawasan yang luar biasa, mampu menyelesaikan permasalahan-permasalahan rumit, Memiliki karakter yang sangat bisa dijadikan panutan, Memiliki kepemimpinan yang tinggi. Menjadi orang yang mulia dan tentunya sangat berperan penting pada semua manusia yang ada di dunia.
 
Karakter orang level ini: Orang-orang yang bisa menjadi legenda hidup seperti Mahatma Gandhi, Bunda Teresa, Albert Einstein, Plato, Kong Zi, dan Banyak lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar