Manusia dan Pentingnya Kesadaran

One of his students asked Buddha, "Are you the messiah?" "No", answered Buddha.
"Then are you a healer?"
"No", Buddha replied
"Then are you a teacher?" the student persisted. ...
"No, I am not a teacher."
"Then what are you?" asked the student, exasperated.
"I am awake", Buddha replied.
- Buddha Wisdom -


Salah 1 murid Buddha bertanya,"Apakah kamu messiah?"
"Bukan," jawab Buddha
"Jadi apakah kamu seorang penyembuh?"
"Bukan," jawab Buddha
"Jadi apakah kamu seorang guru" si murid bersikeras
"Bukan, saya bukan guru."
"Jadi kamu itu apa?" tanya si murid, putus asa
"Saya adalah orang yang sadar/eling", jawab Buddha
- Kata Bijak Buddha -


Awake di dalam bahasa Indonesia selain berarti bangun/bangkit, kata ini juga bisa diartikan sebagai sadar atau eling. Percakapan di atas yang terjadi antara seorang murid dengan gurunya memiliki makna spiritual yang sangat mendalam bahwasanya untuk meraih kebijaksanaan tidaklah memerlukan sebuah label. Untuk bertindak secara bijaksana yang diperlukan hanyalah sikap sadar atau eling. Sadar atau eling dalam setiap tindakan, sikap dan tutur kata.

Berbagai macam ritual yang hanya menekankan kuantitas bukan qualitas bukanlah suatu tindakan yang bijaksana. Ritual berkualitas hanya bisa didapatkan bilamana kita melakukannya dengan penuh kesadaran/eling dan fokus sepenuhnya.

Sebagai contoh sederhana prilaku hidup tanpa kesadaran/eling adalah ketika anda meninggalkan rumah, tiba-tiba saja anda bertanya-tanya di dalam hati apakah kran air sudah dimatikan? apakah pintu rumah sudah anda kunci sebelum pergi? apakah lampu kamar sudah dimatikan? dan seterusnya. Andaikan saja sebelum anda meninggalkan rumah, anda berjalan keluar dengan penuh kesadaran/eling maka pertanyaan& keraguan tersebut tidak akan muncul di dalam benak anda. Masalah yang sepele namun bisa menimbulkan kegelisahan hati & pikiran akibat ketidaksadaran/tidak eling dalam bersikap.

Segala tindakan sekecil apapun bila dilakukan dengan penuh kesadaran & eling akan menghasilkan kebijaksanaan.

0 komentar:

Posting Komentar