# SELL YOUR REPUTATION
Ingat,janganlah anda menjual produk anda sebelum anda berhasil menjual
REPUTASI anda. Misalnya ketika anda ingin membeli komputer,hp,tv,laptop
dll tentu
pertama-tama yg anda pertimbangkan adalah sebuah nama atau yg lebih
dikenal dgn sebutan BRAND (merk).
Tentu saja sebuah merk bukan hanya merupakan kumpulan dari sederetan
tulisan ataupun logo,namun lebih dari itu. Sebuah merk lebih identik dgn
sebuah komitmen dan dedikasi serta tanggung jawab perusahaan kepada
berbagai pihak terutama para konsumen.
# KNOW YOUR TARGET
Jangan pernah anda menghabiskan waktu terlalu banyak untuk menawarkan
kepada mereka yg semestinya bukan merupakan target dari produk anda.
Contohnya anda menjual mobil dengan harga milyaran rupiah maka anda akan tahu dan harus tahu kepada siapa menawarkannya.
# MAKING APPOINTMENT
Sebuah transaksi kemungkinan besar tidak akan terjadi sebelum anda
berhasil bertemu dengan konsumen dan kemungkinan besar anda anda juga
tidak akan bs bertemu dgn konsumen sebelum dibuatkan temu janji,dan
tentu saja sebuah temu janji biasanya diawali dengan sebuah telepon/sms
terlebih dahulu.
# LOW BUDGET PROMOTION
Media promosi yg paling murah dan sederhana pada saat ini mungkin adalah sebuah kartu nama,stiker,milis,facebook,twitter dll.
Terutama dalam era informasi ini,peran promosi sangatlah penting bagi
seorang tenaga penjual terutama apabila bisa mempraktekkan prinsip yg
satu ini.
# ALL ABOUT RATIO
10:3:1
Adalah ketika seorang seller pempresentasikan produknya kepada 10
konsumen secara terpisah dalam kurun waktu tertentu (misal sebulan) maka
bisa di asumsikan bahwa ada 3 konsumen yg tertarik dan ingin
mengetahui lebih lanjut.Dan dari 3 konsumen tersebut kemungkinan besar 2
diantaranya akan memilih posisi WAIT n SEE (kalo di kaskus mantau dulu
gan ) dan sisanya diprediksi akan menerima penawaran dari anda.
Rasio 10:3:1 ini sering dijumpai dalam asuransi,kredit,maupun MLM.
# LET THEM KNOW
Sebagai seller marketing yang profesional maka pertama-tama kepada
siapakah anda akan cerita tentang profesi anda dan produk anda ??
Sederhana saja..anda bs sambil ngobrol dalam keadaan santai berbicara
ttg penjualan anda disertai kelebihan dan kekurangannya kepada
Keluarga,tetangga,teman,komunitas dan khalayak ramai yg blm anda kenal.
Mulailah usaha anda kepada orang2 terdekat/kerabat terdekat utk mengetahui sejauh mana kualitas produk anda.
# WRITE DOWN YOUR SALES PLAN
Setiap sales/seller DIWAJIBKAN membuat sales plan (rencana penjualan).
Misalnya dlm seminggu minimal harus melakukan :
* berapa kali menelepon konsumen
* berapa kali bertemu konsumen
* berapa kali melakukan presentasi
* berapa banyak penambahan daftar nama baru
Hal ini sering dijumpai di sales asuransi,MLM dll.
# BUILD A NETWORK
Sebuah LEAD (daftar nama calon konsumen baru) sangatlah penting bagi
seorang tenaga penjual dan salah satu cara memperbanyak lead dengan
mengikuti kegiatan seperti menghadiri seminar,bergabung dalam
milis,gathering,semua ini sangat membantu utk memperluas Net Work anda.
# FOCUS ON PARETO PRINCIPLE
Vilfredo Pareto mengemukakan Prinsip PARETO atau yg lebih dikenal dengan
istilah hukum pareto asumsinya adalah "bahwa dalam total pendapatan
anda apabila diperhatikan dgn seksama maka kontribusinya dari konsumen
yg jumlahnya hanya sebesar 20% akan memberikan kontribusi sebesar 80%
dari total pendaptan anda dan begitu jg sebaliknya".
Pandangan Vilfredo Pareto sampai detik ini masih digunakan dalam hal investasi,sales dan marketing.
Jadi seorang seller harus lebih banyak menghabiskan waktu buat berbicara
dgn konsumen yg mayoritas menghuni di kuadran 20% namun menyumbangkan
80% dr total pendapatan anda.
Contoh : dr 10 org mgkin cm 2 org yg rutin menggunakan produk anda.
# DON'T BEG
Alias tidak boleh mengemis / memohon kepada konsumen untuk membeli.
Contoh : dengan adanya target penjualan terkadang sales memohon kepada
buyer dengan memberikan cash back (yg dipotong dr komisinya sendiri).
Ini tentu saja akan merusak citra profesi tenaga penjual dan juga
menimbulkan persaingan yg tidak sehat antar sesama tenaga penjual.
# FIND OUT WHAT CONSUMER EXPEXTATIONS ARE SELL THE SOLUTIONS
Sebenarnya yg dijual seller adaalah SOLUSI.
Contoh : apa yg konsumen beli adalah bukan laptop dengan kecepatan
tinggi namun konsumen membeli solusi untuk mempermudah pekerjaan mereka.
Ada konsumen membeli baju bermerk mahal agar bisa mendukung kepercayaan dirinya,untuk menjaga prestise / image nya.
# USING GOLDEN RULE
The Golden Rule : perlakukanlah orang lain sebagaimana anda ingin diperlakukan.
Penjabarannya adalah apabila anda tidak suka dipaksa untuk membeli maka
hendaklah jangan pernah anda memaksa konsumen anda untuk membeli apa
pun yg sedang anda tawarkan.
# BE PROUD AND PROFESSIONAL
Seorang tenaga penjual harus bangga dan profesional atas profesinya.
Sebagai gambaran apabila anda sebagai agen asuransi,berbanggalah karena
yg anda tawarkan adalah sebuah solusi perencanaan
keuangan,kesehatan,kesejahteraan orang banyak dimasa depan dan anda
turut andil dalam kesejahteraan klien anda.
0 komentar:
Posting Komentar