Memahami Pasar Anda - Know Your Market

http://ibusnessventure.com/wp-content/uploads/2011/12/business-marketing.jpg


Know Your Market -  Sering mendengar sales atau marketing yang mengeluh tentang jam canvasing yang tinggi namun hasil minim? Sering sekali yang saya temui, mereka mengeluh tentang closing rate mereka. Dari ketemu 200 Prospek yang closing hanya 2-3 orang saja. Dari pengalaman saya, terjadinya hal tersebut adalah karena mereka melakukan Prospek Liar yang terlalu liar.

Bagi anda seorang sales atau marketing dalam bidang tertentu biasanya sering mendapat arahan dari Supervisor anda untuk melakukan prospek liar. Artinya apa? Prospek yang spontan, tanpa janji temu atau bahkan tidak mengenal calon konsumen anda. Sering kali prospek liar ini menjadi terlalu liar. Artinya asal prospek saja. Mengetahui Pasar anda adalah hal yang penting. Disini saya akan memberikan sedikit sharing yang semoga bermamfaat untuk para Marketing sekalian.

Prospecting 

"Prospecting adalah langkah awal dalam proses penjualan. Prospek adalah orang yang memiliki kemampuan untuk membeli, yang telah menunjukkan rasa tertarik pada produk atau jasa yang ditawarkan." 

Artinya prospecting liar sekalipun adalah mempresentasikan produk pada orang yang tepat. Nah bagaimana agar anda bisa tau apakah orang yang anda presentasikan sudah tepat atau belum?

Product Knowledge

Anda harus benar-benar menguasai produk yang anda jual. Selain mengetahui produk apa saja yang anda jual, baik jenis, kekurangan, kelebihannya. Anda juga harus meneliti tentang "harga" produk anda serta fungsi dari produk anda. Dengan demikian anda dapat mengecilkan ruang lingkup pasar anda menjadi lebih efisien dengan hanya mempresentasikan produk pada orang-orang yang prospek dan membutuhkan.

Market Research

Setelah anda mengecilkan lingkup pasar anda, saatnya melakukan penelitian pasar. Apakah sudah benar data-data yang anda miliki? Gali kembali data-data calon prospek anda, bisa melalui gali data singkat dengan bercakap-cakap, atau gali data yang mendalam dengan meneliti kembali segala aspek.

Penelitian mendalam biasanya dilakukan oleh Sales atau Marketing Produk yang harganya cukup fantastis, seperti bidang Kendaraan Roda 4, Alat Berat, Fashion (Branded).


Tujuan dari Know Your Market adalah membuat waktu kerja anda lebih efisien dan meningkatkan hasil penjualan anda.

0 komentar:

Posting Komentar