Teknik Menjual dengan Reputasi - Sell Your Reputation

https://digitalfireflymarketing.com/sites/default/files/reputation.jpg

 Apalah arti sebuah nama? Sering mendengar hal tersebut? Mungkin dalam bidang tertentu nama bukan hal yang krusial, namun bagaimana dalam Dunia Marketing?

The Power of Brand

Biasanya sebelum orang menjual atau membeli produk yang diperhatikan adalah Merknya, atau yang disebut Brand. Apakah dapat dipercaya? Apakah sudah terkenal? Apakah banyak orang yang memakainya? 

Jika kita ingat kembali, ada beberapa brand yang begitu melekat dalam sebuah produk. Ambil saja contohnya AQUA, sebuah merk air minum kemasan yang bahkan mendunia saat ini. Awalnya Pak Tirto Utomo sempat dikatakan gila, Air minum kok dijual? Dengan harga yang tinggi pula di zamannya. Tapi Pak Tirto tau akan kebutuhan air bersih di waktu mendatang akan begitu penting. Karena itu dibuatlah sebuah Brand air minum kemasan bernama AQUA. Membangun sebuah brand membutuhkan waktu yang lama, ini yang membuat Pak Tirto memulai sebelum kebutuhan itu tiba, dan lihat hasilnya. Setiap kali orang indonesia membeli air minum kemasan 90% akan menyebut AQUA. Walaupun kini saingan AQUA telah begitu banyak tetap saja masih melekat di hati masyarakat. Inilah kekuatan Brand dan Reputasi!!

Become a Brand

Apakah seorang manusia bisa menjadi Brand? Tentu saja. Dalam dunia marketing, reputasi adalah salah satu hal paling penting. Karena dalam dunia pemasaran, terutama di Indonesia. Sering kali bukan masalah produk, atau perusahaannya tetapi siapa Penjual atau Pemasarnya.

Kita bisa melihat contoh Michael Jackson, yang menjadi ikon dunia musik Pop. Bahkan hingga kepergiannya beberapa tahun yang lalu, hingga saat ini belum ada penyanyi lain yang mampu menyaingi popularitasnya. Lagu-lagunya masih diputar dan didengarkan banyak kalangan.

Begitu juga seharusnya seorang sales menciptakan dan meningkatkan dirinya sebagai sebuah Brand yang memiliki reputasi yang baik, sehingga dapat dipercaya dalam melakukan transaksi pembelian.

Build and Growth Your Reputation

Banyak yang bingung, bagaimana memulai membuat reputasi yang baik? Bagaimana bisa membuat orang mengetahui bahwa kita dapat dipercaya? Ini beberapa masukan dari saya.

1. Berpakaianlah yang rapi dan bersih, mungkin tidak formal tapi setidaknya nyaman dilihat. Sesuaikan code dress anda dengan pekerjaan dan konsumen anda.

2. Berlatihlah Public Speaking dan Teknik Komunikasi yang mencukupi, agar dalam berkomunikasi dengan konsumen dapat menunjukan anda orang yang cerdas, dan dapat dipercaya.

3. Miliki Integritas yang dapat menjaga nama baik anda.

4. Jujur dan tulus dalam berucap dan bertindak

Teruslah berusaha menjadi manusia yang lebih baik, maksimalkan performa kerja anda. Tentu semua butuh proses dan proses butuh waktu. Kerja keras dan cerdas anda pasti membuahkan hasil yang setimpal.

0 komentar:

Posting Komentar