Penrose Stairs - The Escherian Stairwell : Tangga Abadi Yang Tak Berujung

Pernahkah anda mendengar tentang Penrose Stairs? Penrose Stairs atau yang terkadang disebut The Escherian Stairwell adalah ‘tangga abadi’ yang tak berujung. Ada juga yang menyebutnya sebagai tangga setan, tangga tak berujung, dll. Bila dijelaskan secara sederhana, penrose stairs adalah ketika seseorang menaiki tangga, maka ia akan kembali ke posisi awal dimana ia berasal. Demikianlah seterusnya, sehingga seolah – olah orang tersebut nampak tersesat selamanya di dalam tangga tersebut! (untuk lebih jelasnya, lihat beberapa video di bagian bawah setelah artikel ini)
Mungkin hal tersebut terdengar mustahil dan menyeramkan bagi anda. Akan tetapi fenomena ‘tangga setan’ ini sesungguhnya merupakan murni hasil tipuan matematika dan ilmiah yang sangat rapi sekali sehingga sebagian besar orang akan terheran – heran dengan keajaiban Penrose Stairs ini dan bagaimana itu terjadi. Bahkan sebagian besar orang yang telah diberikan sketsa bentuk skema dari penrose stair tetap saja masih merasa kebingungan dalam mencerna cara kerja tangga aneh tersebut.

Penrose Stairs: Asal Usul

Penrose Stairs pertama kali diciptakan oleh Lionel Penrose dan putranya, Roger Penrose pada tahun 1958. Awal mulanya, ilusi tangga ini hanya dibuat berdasarkan sketsa 2 dimensi yang menggabungkan 4 buah tangga naik dan turun yang terhubung satu sama lain dari awal hingga kembali ke awal (tanpa akhir), seperti yang digambarkan dalam ilustrasi berikut:
Penrose Stairs
Seiring dengan perkembangan teknologi, keajaiban penrose stairs atau yang disebut The Escherian Stairwell yang diwujudkan dalam dunia nyata dilakukan oleh Rochester Institute of Technology. Institut tersebut mengupayakan segala cara untuk  mewujudkan keajaiban yang hanya dapat terjadi di dalam dunia 2D tersebut ke dunia nyata melalui berbagai gabungan ilusi optikal yang dapat mengecoh orang yang berada di dalamnya.

Penrose Stairs: Video

The-Escherian-Stairwell-
Setelah menyimak video diatas sampai usai, tentunya anda akan bertanya bagaimana hal tersebut dapat terjadi? Berikut adalah skema bentuk sebenarnya dari Penrose Stairs atau The Escherian Stairwell dalam bentuk ilustrasi gambar.

Penrose Stairs: Skema Sebenarnya

Penrose Stairs

0 komentar:

Posting Komentar